Penyebab dan Cara Membuat Facebook Anti Hack

Author: | Posted in Tips Trik Facebook 30 Comments

Akun Facebook Anda pernah dihack atau diretas?

Bingung tiba-tiba akun Facebook dikunci dan tidak bisa dibuka? Apa saya lupa password Facebook? Tapi kenapa teman saya bilang kalau Facebook saya masih aktif? Apa jangan-jangan Facebook saya sudah dihack? Apa salah saya kenapa facebook saya dihack?
Inilah beberapa penyebab kenapa akun Facebook Anda dihack :

1. Percobaan.

Banyak tutorial di internet tentang cara hack Facebook tanpa email yang dapat dipelajari secara otodidak. Sebagian dari mereka mencari sasaran yang akan dijadikan bahan percobaan. Tak jarang teman mereka pun menjadi sasaran utama.

2. Pembuktian diri.

Pembuktian diri, bahwa “inilah aku! aku bisa meretas Facebook seseorang dengan tangan kosong!”, Ya mereka bangga karena telah berhasil meretas akun seseorang, tapi mereka belum tahu rugi nya nanti. Mereka pasti akan kapok dengan sendirinya. Selain karena faktor dosa.

3. Balas Dendam.

Hmm.. mungkin karena beberapa masalah entah penghianatan atau apa, mereka yang pintar dalam urusan hacking, balas dendam dengan cara hack Facebook teman.
Sebenarnya masih banyak faktor lain, tapi tidak mungkin Master Cyber bahas satu persatu.

Bagaimana Cara Hacker Mengambil Alih Akun Facebook Seseorang?

Bagaimanapun juga semua jaringan keamanan tidak ada yang sepenuhnya sempurna, pasti terdapat celah di sistem keamanan tersebut. Saat dia mencoba menutup lubang itu, lubang yang lain malah akan terbuka lebih lebar. Hacker memanfaatkan sedikit celah kecil itu untuk menembus sistem keamanan. Termasuk Facebook, jangan Anda kira sistem keamanan Facebook itu sempurna. Para hacker menggunakan segala cara agar dapat menembus sistem keamanan Facebook. Nah akan saya jelaskan disini, ada beberapa teknik yang digunakan hacker untuk mendapatkan akun Facebook seseorang.

1. Data Profil Facebook Anda yang lengkap.

Inilah lemahnya para pengguna jejaring sosial, padahal si pembuat Facebook yaitu Mark Zurkberg tidak menyarankan untuk mencantumkan data profil Anda secara lengkap. Hacker dengan mudah mencuri informasi seperti tanggal lahir, kota kelahiran, hubungan keluarga, film favorit dan sebagainya. Data-data itu nanti yang akan dibutuhkan untuk menjawab mudah pertanyaan keamanan Facebook.

2. Import Kontak Email melalui Yahoo!

“Email saya kan sudah diprivat, jadi tidak ada orang yang dapat melihat email saya lagi.” Anda salah besar! Baru-baru ini marak adanya cara hack Facebook dengan Import Kontak di Yahoo, hal demikian memanfaatkan penyedia layanan email yaitu Yahoo! untuk menyalin alamat email yang Anda gunakan untuk login Facebook. Cukup masuk ke Yahoo! kemudian import kontak Facebook. Setelah mendapatkan datanya, Hacker akan mencoba masuk langsung dari Facebook atau jika dia gagal, dia akan beralih untuk mencoba Login langsung ke Email Anda. Kelemahan teknik import ini adalah kita harus berteman terlebih dahulu.

3. Membuat profil palsu.

Kadang mereka aneh, hacker tidak akan pernah memaparkan identitas aslinya. Mungkin ini salah satu caranya. Memasang foto cantik dan membuat identitas palsu agar dikonfirmasi saat mengirim permintaan pertemanan. Tanpa Anda sadari.. Goodbye… Akun Facebook Anda melayang dibawa kabur.

4. Membuat 3 Akun Facebook sekaligus.

Ya, para hacker punya akun Facebook tak cukup hanya satu, Anda pernah mendengar cara hack Facebook dengan 3 teman yang sama? Cara ini memanfaatkan konfirmasi verifikasi kode yang nanti akan dikirimkan ke-3 teman yang Anda percayai. Kalau ke-3 akun Facebook tersebut berteman dengan Anda sekaligus, apa jadinya nanti? Kode konfirmasi dapat dijawab dengan mudah. Hacker masuk ke Akun Facebook Anda cukup tinggal utak-atik password dan email baru.

5. Spam.

Teknik yang satu ini boleh dibilang sangat rusuh, beredar Autotag dimana menawarkan aplikasi ganti tema dan emoticon Facebook dengan script. Penggunanya diajak untuk melakukan Ctrl + U, copy paste script dan sebagainya. Sehingga jika Anda melakukannya, data-data Anda (password dan email) akan dikirmkan otomatis kepada spammer itu

6. Phising.

Phising disini berupa halaman palsu Facebook (fake login). Memancing seseorang untuk masuk ke halaman tersebut yang tampilan nya sangat mirip dengan halaman aslinya (Facebook). Saat penggunanya memasukkan Email dan password, data tersebut langsung dikirimkan ke server pembuatnya.

7. Aplikasi jahat.

Aplikasi seperti Autolike atau Autokomen di beberapa Web yang beredar sebenarnya sangat berbahaya. Karena saat Login ke aplikasi tersebut, kita juga memasukkan data berupa email dan password kita.

8. Keteledoran pengguna meletakkan Handphone, Gadget, Laptop sembarangan.

Hati-hati saat membawa barang Anda terlebih ditempat umum, seperti kampus. Mungkin barang-barang tersebut bisa saja dibuka teman Anda. Teman Anda sebagai tersangka pencuri datanya nanti.

Apa yang Hacker lakukan setelah berhasil meretas Akun Facebook seseorang?

Setelah hacker berhasil mengganti email dan password Facebook, dia akan secara bebas mengutak-atik Facebook Anda, berikut ini contohnya :
  1. Mencuri chip poker.
  2. Mencuri kredit.
  3. Status kasar atau mencemarkan nama baik Anda.
  4. Merayu orang lain untuk tujuan tertentu.
  5. Menyebarluaskan foto Anda.
  6. dll.

Bagaimana Membuat Facebook Anda Anti Hack?

Solusi terbaik agar Facebook kita tidak di hack adalah dengan Cara Membuat Facebook Anti Hack agar Facebook Anda aman dari hacker dan tidak akan pernah bisa meretas akun Facebook Anda lagi.

1. Buat password yang berkualitas agar Facebook Anda aman.

Password merupakan hal utama dalam sebuah kemanan, membuat password yang baik tentu akan menyulitkan siapapun untuk meretas akun Anda. Silahkan baca Cara Ampuh Melindungi Semua Password Akun.

2. Gunakan Email yang Valid dan Sertakan Email Alternatif.

Pastikan email yang Anda gunakan adalah email yang masih aktif. Minimal seminggu sekali bukalah email Anda agar email Anda tidak dinonaktifkan atau diblokir pihak penyedia layanan email. Tambahkan email cadangan, jika sewaktu-waktu Facebook Anda diretas, maka pemberitahuan akan dikirmkan ke email alternatif.

3. Verifikasi nomor Handphone Anda.

Nomor handphone ini penting, ketika suatu saat Ana menggunakan alamat email yang sudah tidak aktif lagi. Alternatifnya Anda dapat mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah. Anda akan dikirimkan kode verifikasi ke ponsel sebelum dapat Login ke Akun Facebook Anda.

4. Privat data pribadi Anda.

Contoh Profil Facebook Privat
klik gambar untuk memperbesar
Atur supaya data-data penting seperti tanggal lahir, tempat tinggal, pendidikan, pekerjaan, agama, alamat email, hubungan, keluarga hanya dapat dilihat oleh Anda. Untuk privasi status, atur agar hanya teman saja yang melihatnya.

5. Hindari terlalu banyak mengupload foto.

Foto juga tidak terlalu penting, yang penting bagaimana kita memanfaatkan jejaring sosial dengan berinteraksi dengan orang lain sebaik mungkin. Cukup berteman dan kenal saja.

6. Hindari mengupload foto dan video hot atau vulgar.

Wow, hati-hati ya bagi Anda yang suka foto narsis apalagi vulgar, teman-teman Anda mungkin saja dapat berbuat rusuh kepada Anda, mendownload foto dan bisa-bisa foto Anda diedit menjadi foto bugil. Hacker dapat juga membuat akun palsu dan menggunakan foto hasil editan itu tadi. Gambar diatas hanya sebagai gambaran saja.

7. Hindari update status pamer, sindiran atau menghina seseorang.

Mungkin ada orang yang iri dengan Anda dan tidak terima dengan apa yang Anda ungkapkan di status. Lebih baik update status Kata Rayuan Gombal Original (Buat Si Dia Klepek-Klepek).

8. Berteman hanya dengan orang yang Anda kenal.

Kirim dan terima permintaan pertemanan hanya kepada orang yang Anda kenal.

9. Saat Browsing Waspada Phising.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi tentang Phising. Lihat apakah itu adalah halaman Facebook yang sesungguhnya atau bukan. Anda dapat melihatnya dari alamat web halaman tersebut.

10. Jauhkan Handphone, Gadget, Laptop Anda dari tangan teman Anda.

Anda percaya teman? Hmm..tak selamanya. Kadang menjadi musuh dalam selimut, dan penghianat biasanya adalah orang terdekat kita. Simpan baik-baik barang-barang tersebut karena penuh dengan data-data penting.
 
Demikian sedikit ilmu dan pengalaman yang dapat saya bagikan kepada para pembaca setia blog ini tentang Cara Membuat Facebook Anti Hack, semoga lebih berhati-hati dalam menggunakan akun jejaring sosial Facebook.
(Dibaca 4.180 kali, 8 pembaca hari ini)
Comments
  1. Posted by Saud Karrysta
  2. Posted by Ahmad Fathoni
  3. Posted by Hayardin Putra
  4. Posted by Ajay Arghawana
  5. Posted by Cilembu thea
  6. Posted by paridah
  7. Posted by Heri Assidiqi
  8. Posted by Yoni Risqilana
  9. Posted by Mas Onqi
  10. Posted by Mas Onqi
  11. Posted by Arief Rachmadi
  12. Posted by ferdon naibaho
  13. Posted by irpan sah
  14. Posted by BAS SETUDIO
  15. Posted by comtel cell
  16. Posted by Elfrida Chania
  17. Posted by Propertiniaga.com
  18. Posted by RainCintz
  19. Posted by Ardiant Utomo
  20. Posted by Anthonie Eka
  21. Posted by handri setiawan
  22. Posted by Penghuni 60
  23. Posted by jenx indah
  24. Posted by Mohammad Isnaeni

Tinggalkan Komentar

*

error: